Jurnal Kehamilan #3: Prenatal Gentle Yoga

Siapa sih disini yang suka yoga? *acungkan tangan

Saya???

Awalnya ga suka, karena dalam benak saya yoga tuh gerakannya lemes, ga ada jingkrak2an kayak aerobic atau zumba, jadi kalo yoga kayaknya bawaannya ngantuk hahaha. Eh saya kemakan/kualat sama pemikiran sendiri, sekarang saya suka banget sama yoga. Akhirnya saya mencari tahu tentang prenatal gentle yoga dengan memfollow beberapa akun2 instagram yang berkaitan dengan itu dan gentle birth seperti @bidankita @prenatalgentleyoga @keluargagentlebirth, dll… Lalu apa sih sebenernya prenatal gentle yoga?

Prenatal gentle yoga adalah jenis yoga yang didesain khusus untuk ibu hamil. Fokus yoga ini adalah pada pernapasan dan gerakang-gerakan yang bisa menghilangkan ketidaknyamanan selama kehamilan. (sumber: Bidan kita)

Naah sudah jelas ya, bahwa yoga ini dikhususkan untuk ibu hamil. Jadi, ga ada tuh gerakan-gerakan yang meciderai atau membahayakan ibu dan janin di dalam perut. Sebaliknya gerakannya sangat mendukung tubuh ibu agar selalu fit selama kehamilan hingga melahirkan nanti.

Sekarang mind set saya berubah, bahwa ternyata yoga sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Saya sendiripun sudah merasakan manfaat yang diberikan yoga selama kehamilan ini. Saya sering sekali mengalami kram pada kaki setiap bangun pagi selama hamil, setelah melakukan yoga dengan rutin sebelum tidur kurang lebih 10-15 menit, kram pada kaki sudah tidak saya rasakan lagi sampai sekarang. Adapun beberapa manfaatnya sebagai berikut:

Manfaat Prenatal Gentle Yoga

Source: bidankita.com

Wuiiiiss super banget kan manfaatnya, apalagi untuk ibu hamil seperti saya yang sangat menginginkan persalinan normal, nyaman dan minim trauma (keinginan semua bumil kayaknya ya). Saya yakin persalinan seperti itu butuh effort ibu untuk mencapainya, salah satunya dengan olahraga secara rutin (yoga, berenang, jalan kaki). Saya sangat meyakini bahwa apa yang saya lakukan selama kehamilan ini akan memberikan dampak positive saat persalinan nanti (amiiiiin). Hanya itu doa dan harapan saya saat ini.

Seumur hidup saya baru pertama kali yoga ketika kehamilan memasuki usia 20 minggu. Kenapa 20 minggu? Karena di minggu2 sebelumnya saya mengalami mual dan muntah yang cukup parah. Sehingga lebih banyak bed rest ketibang olahraga. Yaaa… gimana mau mikirin olahraga buat bangun dari tidur aja benar2 lemas dan pusing. Sempat olahraga renang dan jalan kaki tapi belum rutin, tergantung kondisi badan aja.

Saya mengambil kelas yoga secara private dengan instruktur yoga dan juga seorang bidan bernama mba Gabby. Saya tau mba Gabby dari instagram @prenatalgentleyoga, yang saat itu menshare instruktur2 prenatal gentle yoga di seluruh Indonesia, termasuk Bekasi. Awalnya sih pengen ikut kelas aja biar ada temen gtw, tapi ternyata kelasnya jauh sekali dari rumah. Akhirnya saya memutuskan untuk private.

Pertama kali ikut yoga, saya langsung suka sekaligus khawatir. Khawatir kalo abis yoga badan pegel–pegel dan ternyata tidak sodara2. Badan saya malah lebih fit dan enteng setelah beryoga. Gerakannya mudah walaupun gerakan saya belum sempurna, makanya butuh intruktur untuk membetulkan gerakan2 saya saat yoga. Ada beberapa gerakan favorite saya, yang ga pernah saya lupakan setiap kali beryoga. Ini beberapa gerakan yang saya suka dan manfaatnya:

  1. Bilikasana (cat and cow pose), pose ini berguna untuk mengurangi rasa sakit/tidak nyaman di pinggang dan punggungcat-cow2
  2. Baddhakonasana (butterfly pose), pose ini berfungsi membuka pangggul dan melebarkan panggul.Baddha-Konasana-Butterfly-Pose-
  3. Balasana (child pose), pose ini merupakan salah satu pose relaksasi yang bikin saya nyaman. Saya suka sekali pose ini, bikin badan rileks.
  4. PRENATAL-YOGA_WIDE-KNEE-CHILDS-POSEUpavista Konasana, pose ini berguna untuk mengurasi rasa sakit saat persalinan.Upavistha_Konasana2

Dan masih banyak yang lainnya yang bisa membantu bumil mengurangi ketidaknyamanan selama kehamilan.

Pada hari Minggu, 24 Desember 2017 lalu saya mengikuti kelas prenatal gentle yoga yang diadakan oleh @prenatalgentleyogabekasi dalam memperingati hari ibu. Kelas ini gratis, alhamdulillah. Kelas ini diadakan di plataran restoran bakso lapangan tembak, Margahayu, Bekasi. Saking excitednya, saya adalah peserta pertama yang datang di TKP pada pukul 06.15. Sedangkan kelas dimulai jam 07.00 pagi, panitiapun baru 2 orang yang datang hehe. Kelasnya seru dan bermanfaat. Berikut foto-foto yang berhasil diabadikan oleh papabear saat yoga berlangsung:

IMG-20171224-WA0019

Bersama mba Gabby, my yoga instructor.

 

Berpose bersama dengan para instruktur prenatal gentle yoga dan juga para ayah.Β  Sebelum berfoto ada quiz untuk para ayah, sebanyak 10 orang ayah naik keatas panggung dan ditanya usia kandungan istrinya. Yang betul dapet goodiebag. Semua jawaban ayah betul, dan memang seharusnya ayah tau usia kandungan istri. Karena proses kehamilan itu harus dinikmati dan dirasakan suka dukanya berdua juga. Kaan bikinnya juga berdua *eeh. Sayangnya papabear ga naik pas sesi ini, but it’s okay laaah…

IMG-20171224-WA0005

Ternyata kami ber-3 adalah peserta yang rumahnya paling jauh hehe..

Segitu dulu ya cerita jurnal kehamilan ke-2 saya, semoga bermanfaat ^_^

Advertisements

2 thoughts on “Jurnal Kehamilan #3: Prenatal Gentle Yoga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s