Pagi yang riweh dan celana yang robek

Suatu pagi yang riweeeh…..

Saya bangun setengah 6 lewat 10 menit, KAGET!! karena itu sudah kesiangan banget buat saya (kamu juga, pasti sama). Karena hari itu saya ada pendampingan akreditasi dan tempatnya lumayan jauh pula dari rumah. Alhasil, saya buru2 solat dan menyiapkan keperluan suami terlebih dahulu (sarapan, bekal, baju, dan printilan lainnya). Dibumbui drama2 dan kultum dari si ganteng suami, saya tetep cuek menyiapkan semua keperluannya. Dia pun cemberut karena kesiangan ngantor. Begitulah keriwehan saya pagi itu, saya yakin ibu2 lain juga pernah mengalaminya….

Setelah suami gantengku itu berangkat ke kantor, giliran saya mandi. Celana yang mau saya pakaipun belum disetrika, saat itu jam sudah menunjukan jam 08.15. Sedangkan saya harus sudah sampai ditempat pelatihan jam 09.00. Wassalaaam, ini sudah pasti saya terlambat. Jadi, saya pasrah dengan keadaan… hihi

Setelah mandi, saya menyetrika celana terlebih dahulu (ketauan males nyetrika) setelah itu saya dandan kilat dengan hasil alis yang tidak simetris (pantang keluar tanpa ngalis), srat sret srot pake minyak nyongnyong…. sayapun siap berangkat…. tiba-tiba kunci motor saya jatuh ke kolong ranjang…. nyes banget laaah. Keadaan itu memaksa saya untuk jongkok dan sedikit berusaha keras mengambil kunci yang tak tergapai oleh jari lentik saya. Tiba-tiba… breeet… terdengar bunyi itu… tak disangka dan dingana, celana saya robek dibagian jahitan belakang. Wkwkwkwkwk….

Stay cool… ga boleh emosi, ga boleh nangis, keep smile…

This is a bad day not a bad life.

Padahal di dalam hati, saya udah pengen nangis kejeeeer…. kesel sama diri sendiri gara-gara kesiangan.

Dengan sigap saya mengganti celana dan menjahit bagian celana yang robek…. gejegejegegejegejeg lalu memakai celana itu lagi hihihi tidak kurang dari 20 menit (inimah lama kali gi). Sayapun sampai di tempat pendampingan akreditasi jam 10 hahaha. warbiyasaah…..

Untungnya saya bisa jahit walaupun baru bisa jahit lurus aja, eeh ga lurus juga sih sih kadang belok kanan, kadang belok kiri. Hari itu, saya memang sangat berniat sekali memakai celana favorit saya makanya saya bela2in buat ngejahit robekannya ketibang memilih celana yang lain. Padahal, kalo orang sehat yaaa… ngapain repot2 nyepul benang dulu terus ngejait kan masih ada celana yang lain. Tapi entahlaah saat itu saya lebih memilih untuk menjahitnya.

Karena kejadian celana robek itulah, saya benar2 merasakan manfaat menjahit untuk diri sendiri. Jadi ketika ada baju robek atau bolong saya sudah bisa memperbaikinya sendiri walaupun dengan jahitan sebisanya dan seadanya. Coba kalo belum bisa, pagi itu saya udah baper dan badmood banget pastinya. Alhamdulillah…. ini nih celana kulot favorit saya, hasil jahitan ke-6

IMG_20160813_171738(1)

Celana kulot hasil praktek ke-6 dan atasannya hasil praktek ke-7

Productive Ramadhan: Belajar Menjahit

Assalamualaikum. wr. wb

Apa kabar nih sodare-sodare?? Mudah-mudahan sehat dan bahagia selalu yaaaaa…..

Suasana Idul Fitri masih berasa banget nih ya walaupun sudah H+8, jadi saya mau minta maaf dulu sama temen-temen blogger semuanya yang follow saya. Mohon maaf kalo jarang banget update (udah difollow, eeh kok jarang banget update *sungkem), mohon maaf kalo ada komentar-komentar yang kurang pantas atau menyinggung, mohon maaf kalo ada sikap yang kurang enak, intinya maapin khilaf saya ya yang disengaja maupun tidak.

Kali ini, saya mau sharing nih tentang kegiatan yang saya lakukan ketika bulan Ramadhan kemarin. Bagi saya sih kegiatan ini produktif dan positif banget buat saya dan yang terpenting bikin saya happy. Sudah sebulan lebih saya mengikuti kegiatan kursus menjahit. Iya menjahit!! yipiiiiii alhamdulillah kesampean juga belajar jahit. Semenjak lulus kuliah saya pengen banget yang namanya belajar jahit, tapi kesempatan belum ada. Lulus S1, sibuk kerja akhirnya ga ada waktu buat kursus. Lanjut S2 pindah ke Ciputat, akhirnya ga kesampean juga kursusnya.

Jadi nih ya, sebenernya saya kursus menjahit sama mamah saya. Mamah punya kursus jahit dari tahun 2010. Sebelum buka kursus, mamah memang penjahit yang lumayan terkenal di sekitar rumah. Dulu ketika masih terima order jahitan, mamah bakalan sibuk banget sejak 2 bulan sebelum lebaran sampai malam takbiran. Orderan jahitnya segunuuuung, kadang saya juga bantuin, bantuin masang kancing dan sum aja. Jadi, saya udah ga asing sama menjahit. Sempet belajar jahit tapi ga serius, akhirnya stop karena kecapean. Dulu, saya ga pernah serius belajarnya karena semenjak lulus SD sampai lulus S2 ga pernah lama-lama tinggal di rumah. Ga enak banget kan lagi asik-asik belajar eeh tiba-tiba harus kembali ke Tangerang atau Ciputat, nanggung aja gitu bikin saya ga fokus. Padahal, keinginan di sanubari ini sudah menggebu-gebu banget pengen jadi fashion designer (bahasa kerennya tukang jahit) hahaha, tapi kesempatan saat itu belum ada (alesan banget ga sih?). Setelah lulus kuliah dan menikah, mamah meminta saya pulang ke rumah, alasan utamanya sih karena mamah merasa kesepian. Di rumah hanya ada mamah dan bapak, karena ade semata wayang saya tinggal di Bandung dan sekarang pindah ke Jogjakarta. Jadi di rumah sepiiiiii banget kalo malam (kasian kan 😦 ), kalo siang sih lumayan rame karena ada murid-murid mamah. Yasudah akhirnya saya dan suami memutuskan untuk tinggal bersama orang tua saya dahulu, sambil kita ngumpulin pundi-pundi rupiah buat bangun istana.

Kesempatan ini ga saya sia-siakan, langsung saya kursus menjahit express. Karena mamah saya juga pengen saya cepet bisa menjahit dan membantunya mengajar jahit. Weeeww, ada misi terselubung ternyata. Saya belajar setiap hari dari pagi sampai malam, non stop! Pusing sih kalo lagi bikin pola apalagi merubah pola sumpah yaaa ini riyet dan saya suka pusing dadakan. Walaupun pusing, saya sangat senang kalo sudah motong kain dan menjahit bahan di mesin jahit. Jujur, saya senang banget sama dunia fashion walaupun saya ga terlihat fashionable kayak selebgram yang berseliweran di IG saya.

Hari pertama dan kedua saya belajar teori menjahit, hari ketiga saya langsung praktek dengan menggunakan ukuran badan sendiri. Biasanya untuk siswa dasar harus dimulai dengan skala kecil, jadi bikin bajunya kecil-kecil kayak baju boneka gitu. Saya bilang ke mamah saya ga mau, mau bikin yang langsung bisa dipake sama saya hihi. Berikut adalah foto-foto baju yang saya jahit.

Karya pertama adalah kemeja simple. Baju ini dijahit dalam 3 hari, polanya masih dasar jadi ga pusing. Bahannya bahan katun, saya butuh 1 1/2 meter untuk membuat kemeja dengan ukuran badan sendiri.

 

13178643_1089857831060902_1424624467455470310_n

Karya kedua adalah Rok lipit. Pola dasar rok ini juga mudah, saya menjahit rok ini seharian doang. Bahannya hero dan bahan ini menerawang makanya ga bisa dipake, cukup buat praktek aja.

13445609_1111178758928809_1896164101126037193_n

Karya kedua rok berwarna biru, dipadukan dengan kemeja karya pertama. Seperti seragam sekolah mana gitu yaa hihi

Karya ketiga adalah tunik Azalea. Kenapa Azalea? sebenarnya tunik ini sudah saya design tahun lalu dan saya kasih nama Azalea. Namanya asal bikin aja gitu ga mikir panjang, kebetualan lagi seneng Azalea,  yasudah saya kasih nama itu deh tuniknya. Bahan tunik ini adalah wolvis, bahannya tebal, jatuh dan tidak menerawang. Saya suka banget bahan ini. Dalam pembuatan tunik ini, ada bagian merubah pola dasar. Heeem…. pusing deh awalnya, tapi pelan-pelan saya paham juga. Pembuatannya seminggu karena prosesnya menjahitnya susah dan ada beberapa teknik jahit yang baru saya praktekan. Alhamdulillah, susah dan pusing dahulu senang kemudian. Ga nyangka bisa ngejahit tunik kayak gini hihi.

13413124_1109556845757667_7459646923063316150_n

Karya ketiga tunik berwarna putih, bikin ini ruwet banget karena harus merubah pola

Karya keempat adalah gamis atau long dress. Baju ini spesial saya buat memang untuk hari raya Idul Fitri. Bahan untuk bawahan katun jepang, sedikit kaku tapi jatuh dan tidak menerawang. Untuk atasannya sifon, tapi sifon yang tidak menerawang, bahannya lebih tebal dibandingkan sifon biasa. Saya menjahit baju ini hampir dua minggu, karena modelnya yang sulit dan banyak variasi. Saya menjahit baju ini ga sendirian tetapi menjahit berdasarkan arahan guru, karena murid tingkat dasar seperti saya belum mampu menjahit baju model ini sendirian.

13533206_1120698447976840_2943855110994334485_n

Karya keempat ini bikinnya lebih ruwet bin mumet hahahaha tapi jadi juga ya, alhamdulillah…. (abaikan sendal jepitnya)

 

13567432_1123027481077270_2499358616739099496_n

Baju baru alhamdulillah, tuk dipakai di hari raya.

Begitulaah cerita kesibukan saya selama bulan Ramadhan kemarin. Saya bersyukur banget bisa belajar langsung sama mamah. Selama belajar, mamah saya cerewet banget karena saya selalu ngeyel *sungkemsamamamah. Makasih banyak mamahku tercintaaah *kiss

Buat kamu yang tinggal di sekitar Bekasi dan punya niatan buat kursus jahit, mampir dulu aja ke rumahku di daerah Bantargebang. Info lebih lanjut, bisa like FB fans pagenya ya di side bar blog ini.

 

Wassalamualaikum. wr. wb

DIY: Pom-Pom

Selamaaaat pagi!!

Guys, akhir-akhir ini aku lagi seneng banget sama satu aksesori berbentuk bulat, lembut dan warna-warni alias pompom. So, what is pom-pom? Pom-pom is a small woolen ball attached to a garment especially a hat, for decoration (wikipedia). Intinya pom-pom adalah bola kecil dari wol yang ditempelkan di baju khususnya topi, untuk dekorasi. Karena aku lagi suka banget sama pom-pom, akhirnya penasaran pengen bikin sendiri. Ini cara bikin pom-pom sendiri dan gampang banget.

Alat-alat:

Bahan :
1. Yarn atau benang rajut

yarn
2. Gunting

gunting
3. Garpu

garpu

Cara :
1. Kaitkan benang rajut ditengah2 bagian garpu

kaitkan
2. Gulung hingga beberapa gulungan, aq buat 70 gulungan agar pom pom terlihat padat

gulung
3. Keluarkan gulungan yarn dari garpu

lepaskan
4. Potong yarn yang lain untuk dijadikan tali yarn yang digulung

ikat
5. Ikatkan tali yarn ditengah2 yarn yang digulung dengan kuat
6. Gunting bagian sisi kiri dan kanan yarn yang sudah digulung

gunting sisi
7. Yarn yang sudah digunting akan terlihat seperti tali2 lembut menyerupai bola
8. Rapikan yarn dan bentuk menyerupai bola dengan gunting

jadi
9. Pom pom sudah jadi……
viola
Kalo mau buat pom-pom yang lebih besar kamu bisa menggulung yarn di tangan. Pom-pom ini bisa ditambahkan gantungan atau tali agar bisa digantung di tas. Selain itu pompom bisa dibuat kalung, hiasan gorden, anting dll.

headband

Pom-pom as headband