Cooking Diary: Bubur sehat dan lezat untuk penderita tipes

Bubur ini saya masak untuk suami yang sedang sakit tipes. Penyakit tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh virus salmonela. Virus ini biasanya datang dari tempat kotor disekeliling kita. Virus ini biasanya terbawa oleh makanan yang kurang higienis yang masuk ke dalam tubuh kita. Virus ini menyerang pencernaan, sehingga penderita tipes akan mengalami rasa sakit di sekitar perut, lebih tepatnya usus. Karena menyerang sistem pencernaan, penderita tipes wajib mengkonsumsi makanan yang lunak dan lembut. Kalo dimari ya apalagi yang lunak dan lembut selain bubur, kalo bosen sama bubur bisa diganti dengan kentang, nasi tim, roti, ubi dan sumber karbohidrat yang lainnya.

Kali ini saya mau bagi-bagi resep bubur sehat dan lezat untuk penderita tipes. biasanya kan bubur gitu2 aja, disini aku variasikan dengan menggunakan beberapa sumber protein hewani seperti ayam dan telur. Sayuran yang digunakanpun sayuran yang berserat rendah seperti labu siam dan wortel. Simak yuuk!

Bahan :

  1. Setengah gelas kecil beras (bisa disesuaikan)
  2. Ayam, ambil bagian dadanya saja
  3. 1 butir telur
  4. 1 buah wortel
  5. 1 buah labu siam
  6. I buah tahu
  7. Daun bawang
  8. Garam sedikit (ditakar sendiri aja ya hehe)
  9. Penyedap rasa sedikit. (ditakar sendiri aja ya hehe)

Cara memasak:

  1. Rebuslah beras hingga menjadi bubur
  2. Rebuslah dada ayam, simpan air kaldu ayamnya
  3. Kukuslah wortel dan labu siam
  4. Potonglah dada ayam menjadi dadu
  5. Potonglah wortel dan labu siam menjadi dadu (sesuai selera)
  6. Potonglah tahu menjadi dadu
  7. Setelah nasi hampir jadi bubur dan mengering masukan kaldu ayam
  8. Masukan potongan dada ayam, wortel, labu siam dan tahu ke dalam bubur
  9. Masukan garam dan penyedap rasa secukupnya
  10. Masak sampai air kaldu ayam meresap habis
  11. Bubur siap disajikan

Kalo kata orang sehat bubur ini enak, kalo kata suami yang sakit biasa aja huaaaah katanya “rasanya kayak bubur” yaiyalaaah tapi ayamnya enak. Saya rebus ayam bersama bawang merah, bawang putih dan jahe. Aromanya heeeemmmm sedaaap.

Cooking Diary: Tumis Oncom Kemangi

Duuh deg degan saya, pertama kalinya posting tentang masak-memasak. Maklum masih newbie, apalagi terjun ke dapur itu bener-bener dimulai setelah menikah hahaha. Sekarang gaya banget nih saya mau bagi2 resep hahaha halaaaah chef chef amatir. Jadi ceritanya, adikku yang dirawat di RS ga mau makan makanan yang disediakan RS. Yaa tau sendiri lah ya makanan RS kayak gimana, untungnya si adik boleh makan apa aja. Alhasil, saya dong yang rempong-rempong seru masak buat dia di rumah. Pagi ini dia minta oseng oncom pake kemangi, ini bocah ngapa coba tiba-tiba pengen oncom. Padahal oncom lebih enak lagi kalo ditumis pake leunca, tapi sayang dia ga suka jadilah pake kemangi doang. Weew jujur nih pertama kali masak makanan ini. Yasutrah saya jadikan experiment aja mudah-mudahan enak. Ini ga pake googling, pake instinct chef aja hahaha. Mudah banget masaknya, yuuk disimak!

Bahan-bahan :

  1. 1 potong oncom
  2. Kemangi satu ikat
  3. 3 siung bawang merah
  4. 1 siung bawang putih
  5. 3 buah cabe
  6. Penyedap rasa

P1090626

Cara memasak:

  1. Hancurkan oncom terlebih dahulu seperti gambar diatas
  2. Cuci dan petik daun kemangi dari tangkainya
  3. Iris cabai, bawang merah dan bawang putih
  4. Panaskan minyak goreng
  5. Masukan irisan cabai, bawang merah dan bawang putih
  6. Tunggu sampai wangi lalu masukan oncom ke penggorengan
  7. Masukan penyedap rasa
  8. Oseng hingga sedikit coklat warnanya
  9. Lalu masukan daun kemangi, oseng hingga layu
  10. Tumis oncom kemangi siap disajikan
P1090633

Menggugah selera ga sih?

Ihiiiiy mudah banget kaaan bikinnya?? terus terus gimana rasanya? kata adik dan bapakku ini enyaaaaak hihihi. Duuh bahagia itu sederhana ya sesederhana kesan mereka terhadap masakan saya. Aaaah jadi semangat nih buat nyoba menu lain.

Ini cerita seru saya di dapur hari ini. Kalo kamu masak apa hari ini??