Taman Tabebuya Ciganjur

Last weekend, aku dan suami berkunjung ke rumah mertua di daerah Krukut, Depok. Kami menginap semalam karena ada pengajian mingguan disana. Aku dan suami memang berencana ingin “piknik” ke taman yang berada di sekitar tempat kami, karena sudah mulai bosan ke mall kecuali nonton hehe. Ngomongin taman sempet bingung juga, ke taman mana ya yang enak buat cuci mata dan me-refresh otak sambil lihat dedaunan hijau dan bunga yang berwarna-warni. Kami berniat ke taman Suropati, tapi jarak yang lumayan jauh kamipun merasa malas, yang pada akhirnya kami malah nyasar ke Kebun Margasatwa Ragunan. Cerita di Ragunannya next post ya. Ditengah perjalanan menuju Ragunan, aku melihat taman Tabebuya. Sontak aku minta berenti di taman itu, karena terlihat cantik dan indah. Ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta kan lumayan susah ditemuin, jadi aku kegirangan banget ngeliat taman mungil nan indah ini. Tapi kami ga langsung berhenti di situ, karena destinasi utama kami adalah membawa adik ipar terkecil kami ke Kebun Margasatwa Ragunan.

Sepulangnya dari Ragunan, kamipun berkesempatan mampir di taman Tabebuya ini. Taman ini terletak di Jl.Moh Kahfi I, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Sore itu, hujan sempat turun tapi ga terlalu lebat, jadi cuaca dan udara sore itu sejuk sekali. Pengunjung sore itu tidak terlalu ramai, jadi kita sangat leluasa menikmati taman ini. Taman ini lumayan luas guys dan menyegarkan mata karna dibalut oleh rumput hijau yang tersiram air hujan sedikit aaah sejuk…..

Didepan pintu gerbang berjejer beberapa tukang dagang kaki lima, kamu bisa jajan disitu dan menikmatinya di area taman. Setelah itu kami masuk ke parking area, ukurannya tidak terlalu besar makanya ga akan bisa menampung kendaraan dengan kuantiti yang banyak. Untungnya sore itu kami naik motor. Biaya parkirnya sebesar Rp. 2.000. Disebelah parkiran terdapat toilet umum yang disediakan untuk pengunjung

Di taman ini disediakan jogging track untuk pengunjung yang ingin jogging atau sekedar berjalan mengelilingi taman ini. Dibagian depan taman ada tulisan besar bertuliskan Taman Tabebuya berwarna merah. Tulisan ini dikelilingi kolam buatan yang berukuran sedang, kolam ini dipenuhi bunga teratai dan ikan. Disini kamu bisa ngasih makan ikan looooh….. ikannya lumayan banyak. Untuk anak-anak pasti sangat menyenangkan kegiatan ini.

hd

Sepanjang jogging track ini tersedia tong sampah yang berbentuk buah apel, lumayan banyak tong sampahnya, itu tandanya para pengunjung diwajibkan menjaga kebersihan di taman ini. Adapula patung-patung penguin yang menghisi pinggir kolam.

f

Di tengah taman ada playground untuk anak-anak. Disini tersedia beberapa fasilitas bermain seperti swing, slide, permainan berputar (duuh, aku ga tau namanya apa nih hehe) intinya sih yang dinaikin bocah terus diputerin. Sore itu, ada beberapa anak pula yang sedang bermain di area ini. Adik iparku excited sekali bermain perosotan dan membaur bersama anak-anak lainnya. Aku dan suami mengawasi dari jauh, duduk di tempat duduk yang disediakan didepan playground. Tempat duduknya pun cukup nyaman dihiasi dengan juntaian dedaunan, tapi sayangnya kalo hujan ga bisa dijadikan tempat berteduh.

 

q

y

u

t

Untuk para orang tua yang memiliki anak kecil, taman ini cocok banget loh untuk si kecil bermain sekaligus belajar. Kemarin sempat ketemu beberapa pengunjung yang membawa pet mereka kesini diantaranya ada yang membawa iguana dan musang, tapi saya lupa memfotonya.

Dibagian belakang ada lapangan hijau yang luas, beberapa orang menggunakannya untuk mengobrol sambil bercengkrama diatas rumput atau bermain bola. Selain itu ada pula gazebo yang disediakan bagi pengunjung

erftbgbh

Ditaman ini ada beberapa peraturan yang wajib pengunjung laksanakan, detailnya aku rada lupa karena ga difoto hehehe. Pokoknya kalo pergi kemana-mana, jangan lupa foto ya. Nanti pikun kayak aku hahaha. Yang intinya adalah:

  1. Pengunjung harus menjaga kebersihan di taman ini.
  2. Pengunjung dilarang merusak tanaman atau fasilitas yang ada.
  3.  Pengunjung dilarang berbuat asusila

Sejauh yang aku lihat taman ini bersih, ga ada sampah yang terlihat kecuali dedaunan yang jatuh tertiup angin (tsaaah). Taman ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk membawa anak-anak bermain dan belajar dari alam. Mudah-mudahan kedepannya semakin banyak taman-taman indah lainnya disini, biar kita bisa piknik ke taman bukan ke mall hehe.

The last one, kita sebagai pengunjung harus bisa menjaga kebersihan dan ketertiban di public area seperti taman ini. Kalo tamannya bersih, pengunjung juga betah berlama-lama disini.

Advertisements

2 thoughts on “Taman Tabebuya Ciganjur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s